Powered by Blogger.

Kandungan Kimia Binahong Dan Manfaatnya

Posted by Cerita Urang

Kandungan Kimia Binahong Dan Manfaatnya : Bagi kita masyarakat Indonesia, tentunya masih belum begitu mengenal tanaman binahong. Salah satu tanaman yang tergolong obat ini memang bukan tanaman asli Indonesia dan masih jarang masyarakat yang membudidayakannya.

Kandungan Kimia Binahong
Binahong merupakan salah satu tanaman yang berasal dari wilayah korea, di negeri asalnya tersebut, binahong sudah lama dikenal dan dimanfaatkan bagian – bagian pohonnya sebagai bahan ramuan obat. Penggunaan binahong sebagai ramuan obat juga telah dilakukan oleh masyarakat cinta, dan Vietnam.

Ramuan obat yang terbuat dari beberapa bagian tanaman binahong seperti daun, akar, dan batangnya dipercaya memiliki khasiat mujarab dalam hal penyembuhan penyakit. Kemampuan yang dimilikinya itu tidak terlepas dari sejumlah zat dan senyawa yang terkandung didalamnya.

Kandungan Kimia penting dalam binahong

Menurut hasil dari salah satu penelitian, menyebutkan bahwa dalam tanaman binahong terkandung saponi, alkaloid, polipenol, dan minyak atsiri, berikut uraian lengkap tentang kandungan kimia daun binahong tersebut :

1. Saponin
Saponin merupakan glikosida triterpena dan sterol yang terdapat pada hampir Sembilan pulau jenis suku tumbuhan. Saponin sendiri adalah salah satu senyawa aktif permukaan dan sifatnya seperti sabun. Dalam perkembangannya , dikenal dua macam saponin, yaitu glikosida triterpenoid alcohol dan glikosida dengan struktur steroid. Keduanya memiliki sifat larut dalam air.

2. Polifenol
Polifenol adalah salah satu senyawa yang banyak ditemukan pada aneka macam tumbuhan, senyawa ini cenderung mudah larut dalam air.

3. Alkaloid
Alkaloid adalah zat  pada tumbuhan yang bersifat basa serta mengandung satu atau lebih atom hydrogen. Alkaloid tidak berwarna, memiliki sifat optis aktif dan sebagian kecil berupa cairan dalam suhu kamar.

4. Minyak Atsiri
Minyak jenis ini banyak terdapat pada aneka jenis tanaman, umunnya terkandung pada bagian daun, biji, bunga, batang, kulit, dan akar. Minyak atsiri bersifat mudah menguap ( minyak eteris ). Minyak atsiri banyak dimanfaatkan sebagai bahan antiseptik eksternal maupun internal, sedative, stimulant, meringankan sakit pada perut, dan dalam dunia industri sering dijadikan sebagai bahan campuran minyak wangi dan sabun.

4.Asam Oleanik
Asam oleanik adalah salah satu antioksidan dalam tanaman yang merupakan golongan triterpenoid. Asam oleanik dapat memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap racun yang masuk kedalam tubuh, membantu meningkatkan sistem pertahansel, dan anti-inflmasi.

Related Posts:

Post a Comment